Minggu, 10 Mei 2009

Filled Under:

Menginstal Bahasa Pemrogaman PHP Ke Komputer

Hi bertemu lagi dengan saya, sekarang saya akan menjelaskan pada anda step by step menginstal Appserv agar komputer anda bisa digunakan untuk belajar Pemrograman werbsite dengan PHP. tetapi terlebih dalulu anda diwajibkan membaca artikel tentang persiapan mengginstal PHP ke komputer. karena anda harus tahu dulu tentang itu.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari program appserv nya, apabila anda belum mempunyaianya anda bisa anda dapatkan programnya disini. setelah itu anda Extrak file tersebut kemana aja kedalam hardisk anda. Appserv yang penulis gunakan untuk membuat artikel ini adalah versi appserv-win32-2.5.10.zip versi yang paling baru saat artikel ini dibuat.

Setelah anda mengekstraknya, double klik file Setup Appserv tersebut, tunggu beberapa saat. maka anda akan di pandu Step by step oleh wizard.



Proses penginstalan program umumnya langkah-langkahnya sama yaitu pertama mucul tampilan Welcome tentang program tersebut, klik tombol next untuk melanjutkan. langkah kedua anda akan dibawa pada persetujuan lisensi Program (License Agreement), seperti gambar dibawah ini, klik I Agree apabila anda setuju.
Setelah itu anda akan diminta menentukan lokasi penginstalan program, defaultnya untuk Appserv yaitu di C:\Appserv, anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan dengan mengelik tombol Browse.. gambarnya seperti di bawah ini, Klik tombol next Untuk melanjutkan







Setelah langkah tersebut anda akan diminta untuk menentukan komponen –komponen yang akan di instalkan, pilih saja semua komponennya karena kita akan memerlukan semua komponenya. Klik next untuk melanjutkan
Setelah itu anda diminta untuk mengisi konfigurasi-konfigurasi Appserv yang akan diistall, isikan server name dengan http://Localhost atau apasaja yang anda inginkan, kemudian isi Administrator Email Address. kemudian klik next.
Kemudian setelah itu anda akan meminta memasukan Password root untuk database MySQL anda, Perhtian: anda jangan sampai lupa dengan password yang anda masukan tersebut karena password ini akan diminta setiap anda ingin membuat database mySQL. Setelah itu klik menu Install.



Setelah itu tunggu sampai proses penginstallan selesei.







dan Klik tombol Finish apabila telah muncul tampilan terakhir. Untuk mengecek apakah program Appserv berjalan dengan baik di komputer anda yaitu dengan mengetikkan alamat Http://localhost pada webbrowser anda (Mozila firework atau Internet Explorer). apabila muncul halaman seperti gambar dibawah ini maka program Appserv telah berjalan dengan baik di komputer anda.

Pada artikel saya selanjutnya saya akan membimbing anda megenal cara penggunaan dari program Appserv. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

1 komentar:

sukim23f mengatakan...

saya sangat suka dan berminat

Copyright @ 2013 Rachsoft.