Minggu, 10 Mei 2009

Pengenalan Appserv

Baik, ngelanjutin artikel saya yang berjudul Menginstal Bahasa Pemrogaman PHP Ke Komputer, kali ini saya akan menjelaskan cara penggunaan dari program Appserv sehingga anda bisa belajar bahasa pemrograman PHP.

Ketika anda selesei menginstall Appserv maka services Webserver Apache dan services database My SQl akan otomatis di aktifkan, jadi anda tidak perlu mengaktifkannya lagi, Anda tinggal menggunakannya. jika anda belum mengerti apa saja services untuk PHP lihat disini.

Langkah pertama untuk mengetahui bahwa Appserv berjalan dengan baik di komputer anda yaitu buku web browser kemudian ketikan alamat Http://localhost, jika tampilnya seperti gambar dibawah, maka Appserv telah berjalan dengan baik di komputer anda.

pada halaman yang tampil yaitu disana ada link yang menju ke website resminya, dan ada juga dua link yang dapat diakses tampa harus terkoneksi ke internet link-linknya yaitu :

phpMyAdmin Database Manager Version 2.10.3
PHP Information Version 5.2.6

Link yang pertama yaitu link menuju PHP My Admin yaitu fasilitas untuk membuat database MySQL untuk keperluan website PHP kita, Kemudian link yang ke dua yaitu link menuju suatu informasi dari versi PHP yang kita gunakan. Saya akan coba menjelaskannya satu persatu.

Ketika anda mengklik link yang pertama maka anda akan dibawa pada halaman seperti gambar berikut :

Anda terlebih dahulu diminta memasukan Username, Masukan Username dengan root (tanpa huruf besar) dan Password sesuai dengan yang anda masukan ketika menginstall Appserv. Setelah itu maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini.


Anda bisa membuat database baru pada Create new database, saya akan menjelaskan tentang membuat database mySQL dengan Php myAdmin dan dengan MySQL Front lain kali, tungguin aja.

Ketika anda mengklik link yang kedua anda maka anda akan dibawa pada halaman tentang versi PHP yang anda gunakan Gambarnya di bawah ini


Sampai disini dulu postingan saya kali ini tentang pengenalan Appserv sebagai sofwere untuk belajar PHP, Semoga bermanfaat, Bila ada pertanyaan silahkan kirim Email ke rahman_hidayat09@yahoo.co.id.

0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.