Jumat, 29 Mei 2009

Filled Under:

Mengelola dan Mengisi Wordpress

Setelah Kemarin saya membahas tentang cara menginstall script wordpress ke komputer local sekarang saya akan membahas cara mengelola dan mengisi wordpress yang terdisi dari memposting artikel mengelola katagori, dll.


Untuk mengelola dan mengisi wordpress anda langkah pertama yaitu kita login ke wordpress kita, wordpress yang kemarin saya install berada pada alamat url http://localhost/belajarwordpress. kita akses alamat tersebut, untuk masuk ke area administrator anda akses alamat wp-login.php, jadi jika saya ingin login sebagai administrator ke wordpress saya maka alamatnya sebagai berikut http://localhost/belajarwordpress/wp-login.php, dan tampilan dashboard seperti gambar dibawah ini:


Terdapat menu-menu utama yang dapat anda gunakan untuk mengelola wordpress anda, menu-menu tersebut adalah:

  1. Post

Menu post in terdapat tiga sub menu Edit, Add New, Tags, dan Catagories

- Edit yaitu berisi semua artikel yang telah di terbitkan (Publish) dan tulisan yang tersimpan sebagai Draff, dimenu ini anda bisa mengubah tulisan anda sebelumya yang telah di terbitkan maupun disimpan.

- Add New untuk menambahkan tulisan baru anda yang dapat anda publish kan atau anda simpan sebagai draff.

- Tags yaitu untuk mengelola Tag-tag dari postingan (tulisan) anda.

- Catagories yaitu untuk mengelola Katagogori dari postingan anda,


  1. Media

Media yaitu untuk menambahkan media pada blog kita seperti musik, gambar, animasi dan lain-lain.


  1. Link

Menu link ini terdiri dari sub menu Add New, Edit dan link catagories.

Add new yaitu untuk menambah link baru untuk blog anda

Edit yaitu untuk mengubah link yang telah anda tambahkan sebelumnya

Link catagories yaitu untuk membuat katagori untuk link-link anda


  1. Pages

Menu Pages yaitu untuk megelola halaman yang anda buat, halaman dan tulisan dibedakan pada wordpress. seperti halaman Kontak dan lain-lainya. menu pages in terdiri dari dua sub menu yaitu edit dan add news.


  1. Comment

Comment yaitu menu untuk megelola komentar-komentar yang dari pengunjung wordpress anda, anda bisa membalas, mengedit atau menghapus komentar-komentar anda.


  1. Appereance

Menu ini yaitu untuk mengatur tampilan wordpress anda, anda bisa mengubah thema dari wordpress anda, widgets, Editor, Header image dan Color, guna mempercantik wordpress anda.


  1. plugin

Menu ini yaitu untuk mengelola plugin yang anda install (masukan) ke dalam wordpress anda guna mengoptimalkan wordpress anda.


  1. User

Menu ini yaitu untuk mengelola user yang mendaptar ke wordpress anda, atau anda bisa menambahkan user oleh anda sendiri, selain itu disini bisa juga menentukan type user account apakah sebagai editor, publisher atau yang lainnya.


  1. Tools

Menu ini yaitu untuk mengelola peralatan-peralatan yang disedikan oleh worpress untuk mengoptimalkan wordpress anda.


  1. Setting

Menu ini yaitu untuk mengkonfigurasi pengaturan-pengaturan wordpress anda. Artikel diatas hanya lah gambaran yang umum tentang mengelola dan mengisi wordpress, saya akan membahas secara detail berbagai materi tentang wordpress tersebut.


1 komentar:

sonya mengatakan...

salam kenal....
saya baru punya blog di wrdps tapi terus terang saya sangat bingung.karena beda dengan blog saya di blspt.yg sy mau tanyakan gimn caranya supaya spt blog sy di blspt. spt di menu link bar nya ada about,dll. trus di side bar nya ada labels,link website yg berupa gambar(apa ya namanya?),dll
maaf nih nanya nya byk....krn sy ga ngerti bgt di wrdps.blog sy di www.duniasonya.co.cc.....mhn infonya.maklum sy termasuk gaptek.
tks
sonya

Copyright @ 2013 Rachsoft.