Minggu, 10 Mei 2009

HTML Script dasar pembuatan website.


Banyak bahasa pemrograman maupun sofwere untuk membuat suatu website, mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan, dengan sofwere-sofwere tersebut website yang dihasilkannya pun hampir sama/tidak ada bedanya, lalu apa dong yang menyamakan semua website tersebut? Jawabannya adalah semua website tersebut sebenarnya dibangun oleh script dasar pembuatan website yaitu script HTML. Apa sih HTML?, bagaimana perannya terhadap script pemrograman website?

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu merupakan bahasa standar yang digunakan untuk menampilkan dokumen web, jadi dasar semua bahasa pemrograman website (PHP, ASP, JSP) yaitu script HTML dengan kode HTML kita dapat mentisipkan teks yang di tampilkan pada webbrowser, dengan HTML anda bisa membuat tulisan yang dapat dilihat di seluruh dunia. dan dengan HTML dapat menyisipkan image, vidio, dll.

Sript HTML ini merupakan script yang dapat berdiri sendiri anda tidak memerlukan suatu program untuk membuat nya anda bisa membuatnya dengan menggunakan program pengolah kata seperti notepad. Script HTML terdiri dari tag-tag (<>) yang memiliki fungsi tertentu, setiap tag terdiri dari tag awal dan tag akhir kecuali tag
tidak mempunyai tag akhir, contoh : tag awal

dan tag akhirnya

. mengenai tag-tag yang sering di pakai pada kode HTML akan di bahas lain kali.

Stuktur dasar HTML adalah sebagai berikut :
Penjelasan :
pada awal kode yaitu kode dan akhir kode yaitu merupakan tag HTML yang merupakan deskripsi awal dan akhir script dari HTML, kemudia dibawahnya ada tag dan merupakan tag yang berada di dalam tag yaitu untuk memdeskripsikan semua header dari halaman website, kemudian di dalam Tag yaitu tag merupakan tag yang berfungsi untuk menentukan judul halaman suatu website. Di bawah tag ada tag yaitu tag pokok yang akan mendeskripsikan konten atau isi dari halaman website, jadi misalkan anda ingin membuat halaman tentang musik maka isi dari musik tersebut disisipkan pada tag .

Untuk latihan silahkan anda ketik di notepad kode sebagai berikut:


Belajar Membuat W<Kemudian simpan file notepad tersebut dengan menambahkan .html di belakang filenya, misal anda akan menyimpannya dengan nama latihan maka anda simpan dengan latihan.html kemudian ok lalu, coba anda buka file nya maka akan terbuka halaman sebagai berikut :

Sekian tulisan kali ini tentang pengenalan HTML insa alloh saya akan menjelaskan tentang tag-tag yang dipakai dalam HTML lain kali. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda, bila ada pertanyaan dapat ditanyakan ke email saya di rahman_hidayat09@yahoo.co.id.


0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.