Rabu, 20 Mei 2009

Filled Under:

Menginstal Wordpress pada komputer local secara offline

Menersakan artikel sebelumnya tentang Membuat Blog dengan Script Wordpress, sekarang insa alloh saya akan membahas artikel tentang cara menginstall wordpress ke komputer local secara offline yang merupakan langkah pertama dari tiga langkah yang harus anda lakukan untuk membangun sebuah blog atau website dengan menggunakan script wordpress.

Sebalum anda melanjutkan membaca artikel ini anda terlebih dahulu harus tahu apa itu webserver, PHP enterpreter dan database MySQL, artikelnya bisa di baca disini (Persiapan menginstall bahasa pemrograman PHP) setelah anda membacanya selanjutya anda harus tau cara penginstallan semua program tersebut yang bersatu dalam program AppServer, dan caranya penginstalannya bisa anda lihat disini.

Setelah itu anda download script wordpressnya di wordpress.org atau anda gunakan script yang saya gunakan untuk dalam artikel ini disini, setelah anda mendapatkannya kemudian anda buka filenya dan extrack ke folder www pada C:\AppServ\www. setelah itu rename folder sesuai keinginan misal saya merenamenya dengan nama folder belajarwordpress.


Setelah selesei mengextrack kemudian buka browser anda kemudian ketikan alamat http://localhost/belajarworpress, alamat tergantung pada saat merename folder wordpress apabila anda merenamenya dengan nama contohwordpress maka alamatnya untuk mengaksesnya nanti adalah http://localhost/contohwordpress.

Setelah anda mengakses halaman tersebut maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini :


Anda diberitahu bahwa tidak ada berkas wp-config.php kemudian klik button ciptakan berkas konfigurasi. setelah itu tampil halaman seperti berikut :

Setelah itu klik tampil informasi bahwa wordpress memerlukan beberapa informasi, tentunya anda harus mengetahui informasi yang diperlukan oleh wordpress. berikut ini informasinya, nama basis data sesuai dengan basisdata yang akan anda gunakan, kemudian nama pengguna basis data, password, host basis data. Untuk nama penguna basisdata yaitu username pada database mysql anda biasanya bernama root, kata sandi sesuai ketika anda menginstall appserv anda kemudian host basis data isi dengan localhost.


Sebelum anda menklik button ayo, anda terlebih dahulu harus membuat database untuk wordpress tersebut, anda dapat mengakses phpmyadmin pada browser anda tentunya pada jendela yang lain tidak mengganggu jendela browser yang sedang anda gunakan untuk menginstalasi wordpress anda karena akan digunakan lagi, kemudian ciptakan databasenya. Pada tutorial ini saya membuat database untuk wordpress saya dengan nama belejarwordpress seperti gambar berikut:



Setelah itu kembali ke jendela browser yang anda gunakan untuk menginstalasi wordpress anda, setelah itu klik tombol ayo, maka keluar halaman seperti gambar berikut ini, isi semua informasi dengan benar, sis pada nama basis data dengan nama database yang anda buat, disini saya ini belajarwordpress database yang saya buat sebelumnya, kemudian nama pengguna root, kemudian sandi saya kosongkan karena pada saat penginstalan appserv saya kosongkan, kemudian host basis data saya isi dengan localhost, anda juga sama apabila menggunakan komputer local sebagai webserver, kemudian awalan tabel jangan di ubah. kemudian klik button setor


Setelah itu klik button menjalankan aplikaisi, jika pada langkah ini error mungkin anda salah menginputkan informasi pada langkah sebelumnya


Setelah itu isi Judul blog dan email sesuai keinginan anda jika saya isi seperti gambar berikut :

Setelah instalasi selesei kemudian anda akan diberitahukan bahwa penginsatalan berhasil dan akan diberikan username dan password untuk login kedalam wordpress anda, jangan lupa dengan password yang diberikan, password bisa anda rubah pada area admin.


Setelah itu anda bisa login ke wordpress sebagai administrator pada alamat http://localhost/belajarwordpress/wp-login.php, seperti gambar dibawah kemudian masukan username dan password yang diberikan ketika menginstal.


Untuk artikel selanjutya saya akan membahas tentang cara mengelola dan mengisi wordpress, tetapi saya akan memakai wordpress berbehasa inggris agar lebih formal, karena kebanyakan script yang digunakan berbahasa inggris, dan untuk penginstalan wordpress yang berbahasa inggris langkah-langkahnya sama dengan artikel ini, hanya bahasanya saja yang berbeda.

Sampai disini artikel ini mudah-mudahan bermanfaat bagi anda, bila ada pertanyaan silahkan kirimkan ke email saya di rahman_hidayat09@yahoo.co.id.


0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.