Selasa, 05 Mei 2009

Filled Under:

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

Assalamu alaikum, wr, wb. Apa kabar semua sudah dua hari saya gak sempet ingisi blog ini kerena sedang menyusun proposal Tugas akhir nih (Sok sibut saya ya!! he.. he..). Alhamdulillah sekarang saya sudah bisa ngisi blog ni lagi, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu dengan anda yaitu tentang bahasa pemrograman PHP.

Apasih bahasa pemrogaman PHP itu? apa kelebihan PHP dibanding dengan yang lain? dan bagaimana cara menggunakannya?? insa allih saya akan menjelaskannya satu persatu, tentunya sesuai denang pemehaman dan kemampuan saya.

Bahasa pemrograman PHP adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang dikhususkan untuk membuat program aplikasi berbasis halaman web. Dengan menggunakan PHP ini anda bisa membuat suatu halalam website yang interaktif dengan berbagai fungsi yang luarbiasa, dengan PHP kita bisa membuat website yang terinteggrasi dengan database.

PHP merupakan server-side programming untuk web yang paling banyak digunakan. apa itu server-side programming? tenang gak usah buka kamus. he.. he.. saya akan menjelaskannya key. Yaitu script dijalankan pada server dan hasilnya dapat ditempilkan pada web browser client dalam bentuk halaman HTML biasa. jadi ketika client mengekses halaman website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, server akan memproses semua perintah PHP, kemudian mengirimkan hasilnya dalam format HTML ke web browser client tersebut. Jadi HTML merupakan suatu element yang sangat penting dalam pemrograman PHP. bagi anda yang belum tahu apa itu HTML bisa dilihat disini.

Apa kelebihan PHP dibanding dengan yang lain? jawabannya sederhana, yaitu Bahasa ini mempunyai kelebihan dibandaing dengan bahasa pemrograman berbasis web yang lain (ASP,Javascript). Kelebihanya yaitu kompabilitasnya dengan berbagai macam jenis database seperti MySQL, SQL dan lain-lain, dukungan dengan berbagai macam jenis sistem operasi seperti Microsoft Windows dan Linux, karena kelebihan tersebut PHP banyak digunakan programer untuk mendesain suatu website.

PHP merupakan sebuah program yang berbentuk script, jadi bahasa pemrograman PHP tidak memiliki atau memerlukan editor khusus untuk menuliskan scriptnya. Semua script yang dibuat oleh program PHP tidak dapat menjadi program yang berdiri sendiri, tetapi tetap memerlukan program pendukung aslinya, yaitu PHP enterpreter yang berfungsi untuk menterjemahkan dan menjalankan script PHP yang terdapat pada sebuah file PHP.

Bagaimana cara menggunakannya?? nah untuk menjawab pertanyaan ini kayaknya perlu waktu berminggu-minggu nih negejawabnya, mengapa?? karena penggunaan nya itu tidak akan dapat diterangkan dalam satu halaman, soalnya luas. Insa alloh akan saya jelaskan semuanya tentunya membutuhkan waktu, saya membuat postingan ini beberapa minggu ke depan. sampai disini dulu postingannya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.