Sabtu, 25 April 2009

Filled Under:

Memproteksi Folder dengan teknik Sederhana

Hi semua apakabarnya? baik pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang trik sederhana memproteksi file atau folder rahasia anda dari tangan-tangan jahil yang tidak anda kehendaki. tapi sebelum anda membaca lebih lanjut, anda terlebih dahulu harus membaca artikel saya sebelumnya tentang Format file Zip dan Rar.

Ok jika anda telah membacanya saya silahkan lanjutkan membaca artikel ini, di artkel tersebut disebutkan bahwa dengan file zip/ rar anda dapat memproteksi file/forlder ada dari tangan-tangan jahil? bagaimana caranya tuh?? tapi ntar dulu yah penulis mau buat kopi dulu.. he ..he Baik saya lanjutkan, untuk mengamankan folder atau File yang kebanyakan dismpan dalam sebuah folder maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memproteksi foldernya, kayaknya susah tuh ??? gak juga sih!! Ok saya akan menjelaskan kepada anda caranya yang terdiri dari beberapa lankah, dan anda harus mempraktekannya berurutan dari langkah pertama sampai terakhir.

Langkah pertama: pilih folder yang akan anda proteksi, misal anda akan memproteksi folder yang bernama Data_rahasia, setelah itu buat shortcut dari folder tersebut, dengan cara klik kanan folder tersebut kemudian pilih create Shortcut atau klik kanan kemudian pilih send to kemudian pilih desktop. Nah setelah anda membuat shortcut, kita sembunyikan folder yang akan diprotesi dengan cara klik kanan folder tersebut (bukan shortcut yang telah kita buat) pilih properties kemudian pilih tab general ceklist pada bagian Hidden lalu klik ok.

Langkah ke dua: anda harus mengatur folder option agar tidak menampilkan file/folder yang di hidden (disembunyikan). yaitu dengan cara buka Windows Explore kemudian pilih menu Tools kemudian Pilih Folder Options kemudian pilih tab View Kemudian klik Raio button dont not show hidden file and folder kemudian klik ok, nah setelah pengaturan tersebut maka folder yang akan kita proteksi sudah disembunyikan dan anda maupun orang lain tidak akan melihatnya, tapi anda megetahui ada folder tersebut dan anda dapat mengaksesnya menggunakan shortcutnya yang telah anda buat, tapi sebelum anda menggunakannya anda harus mengikuti langkah selanjutnya yaitu langkah yang terpenting dalam artikel ini.

Langkah ke tiga: pada lagkah ini harus memproteksi shortcut yang telah anda buat dengan fungsi sederhana dari file zip dan rar agar ketika kita memanggilnya maka akan ada verifikasi password sesuai keinginan anda dengan fungsi sederhana. langkahnya yaitu : klik kanan shortcut tersebut, kemudian pilih send to kemudian pilih Compressed (Zipped) Folder, kemudian klik yes. nah setelah langkah tersebut maka akan ada file baru shortcut anda dengan format file .zip, kemudian hapus shortcut yang asli karena anda sudah tidak memerlukannya lagi. kemudian buka file zip yang telah anda buat bisanya nya program aplikasi pembukanya bawaan dari windows XP setalah terbuka pilih menu File kemudian Pilih Add a Password kemudian isikan password sesuai keinginan anda dan isikan kembali pada confirm password setelah itu klik menu OK. sampai langkah ini folder anda sudah aman dari tangan orang lain.


tapi langkah selanjutya penting juga untuk diikuti yaitu untuk mencegah orang lain agar tidak bisa mengubah pengaturan folder option pada windows explore.

Langkah ke empat yaitu menonaktifkan folder option pada windows Explore yaitu langkahnya :

1. Klik menu start kemudian pilih run kemudian ketikan regedit trus tekan enter

2.Maka akan keluar Registry Editor



1. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Explorer\Advanced

2. klik pada kata Advanced klik kanan kemudian pilih Rename trus tambahkan x dibelakangnya menjadi Advancedx.


Nah selesei semua langkah nya sekarang orang lain tidak akan bisa mengakses data rahasia anda karena mereka harus memasukan password terlebih dahulu. sekian trik kali ini semoga bermanfaat bagi anda bila ada yang ingin ditanyakan kirim email ke rahman_hidayat09@yahoo.co.id.


0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.