Sabtu, 02 Mei 2009

Filled Under:

Persiapan Membangun Website dan Blog bagian1

Sebelum kita membuat website atau membuat sebuah blog kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu, persiapan yang pertama yaitu anda harus mempersiapkan domain untuk website anda . Apa yang dimaksud dengan domain?.

Domain adalah alamat dari website yang akan anda buat (URL), alamat tersebut bersifat unik, alamat tersebut sebagai jalan menuju website anda., domain terbagi menjadi dua yaitu top level domain, low level domain. Top level domain ini terdiri dari domain :

.com biasanya digunakan untuk organisasi komersial
.org biasanya digunakan untuk organisasi non propit
.edu biasanya digunakan untuk institusi pendidikan atau Universitas
.gov biasanya digunakan untuk organisasi pemrintah non militer
.mil biasanya digunakan untuk organisasi pemerintah militer
.xx dua hurup untuk kode negara (id : Indonesia, sg: Singapura,dll)

Low level domain yang level domain yang berada di bawah top level domain. coba lihat domain ini www.rahman-hidayat.web.id, dalam domain tersebut rahman-hidayat merupakan pengenal kemudia domainnya terdiri dari dua domain yaitu .web.id, .web merupakan domain dengan level low(bawah) dan .id merupakan domain dengan level top, apabila anda masih belum mengerti coba lihat contoh-contoh ini, www.amikgarut.ac.id, dan masih banyak lagi contohnya

Untuk mendapatkan domain ini kita harus membelinya dari salah satu website penjual domain, contohnya yaitu Webhost-id.com yang menyediakan semua domain yang dijual seperti domain .com, .co.id, dll. Tapi ada juga domain yang diberikan secara gratis seperti co.cc, co.nr dll, tentang cara mendapatkan domain yang gratisan atau cara membeli domain yang berbayar insa alloh saya akan membuat turorialnya lain waktu.

Tentukan domain yang anda gunakan untuk website yang akan anda buat domain ini nantinya sebagai jalan menuju web/blog anda. Nama domain yang akan dipakai bebas, mau berdasarkan tujuan seperti lowongan kerja.com yang mengmbil namanya dari tujuan website tersebut yaitu memberikan informasi lowongan kerja, atau kalow berbentuk blog biasanya nama pemiliknya seperti blog ini, atau apasaja sesuai keinginan anda.

0 komentar:

Copyright @ 2013 Rachsoft.